Tutorial Flash Action Script 2 Untuk Perintah Exit

Halo Sobat, pada postingan pertama ini Saya ingin berbagi ilmu yang dulu pernah dipelajari saat sedang sekolah di smk multimedia yaitu cara membuat perintah exit dengan action script 2 di macromedia flash. Jika Sobat menggunakan Adobe Flash juga tidak apa-apa, karena macromedia flash merupakan versi terdahulu. Jadi kalau memakai versi flash yang baru tidak ada masalah.



Cara Membuat Perintah Exit dengan Action Script 2 di Macromedia Flash.

Di bawah ini akan Saya jelaskan cara membuat perintah action script dengan menggunakan button atau tombol.


1. Langkah pertama adalah buka aplikasi macromedia flash / adobe flash yang dimiliki.

2. Setelah jendela aplikasinya terbuka, kita akan langsung membuat tombol Exit nya, dengan memilih Rectangle Tool (R) pada toolbox.

3. Kemudian gambarkan bentuk persegi panjang untuk kita jadikan sebagai tombol Exit. Setelah itu pilih Text Tool (T) untuk memberi nama tombol tersebut seperti pada gambar di bawah ini.



Pada gambar di atas, Saya membuat tombol sederhana dengan warna biru dan teks hitam. Sobat bebas berkreasi dengan bentuk dan warna apa saja yang diinginkan.

4. Selanjutnya pilih dan seleksi kedua objek tersebut dengan Selection Tool atau bisa juga dengan menekan CTRL + A pada keyboard.

5. Setelah keduanya terseleksi, pilih menu Modify – Convert to Symbol atau dapat menggunakan shortcut dengan menekan tombol F8 pada keyboard.





Beri nama dengan “tombol_exit” kemudian pada bagian Type pilih Button, jika sudah selesai pilih OK. Nah sekarang kita sudah selesai membuat tombol exit nya. Langkah selanjutnya adalah memberi sedikit animasi pada tombol_exit tersebut.

6. Klik dua kali pada tombol_exit yang sudah dibuat, lalu kita akan dibawa ke dalam pengaturan button. Di sini kita melihat frame Up, Over, Down, dan Hit, yang akan saya buat adalah Over. Over berarti kita akan membuat animasi ketika mouse diarahkan pada tombol.



Klik Kanan pada Frame Over kemudian pilih Insert Keyframe. Selanjutnya ubah warna tombol exit tersebut sesuai keinginan, di sini Saya mengubahnya dengan warna hijau dan teksnya warna putih.

 
Ok setelah selesai, kembali ke Scene 1 dengan menekan Scene 1 pada bagian yang Saya tandai di gambar.

7. Pada langkah ini kita sudah berada di Scene 1, seleksi tombol kemudian tekan F9 pada keyboard untuk menuju ke bagian Action Button.

Setelah itu ketikkan action script seperti berikut ini.
on(release){

fscommand("quit",true);

}




Cek terlebih dahulu action script yang sudah Sobat tulis, untuk memeriksa apakah action script sudah ditulis dengan benar atau tidak. Klik tombol Check Syntax yang berwarna biru, jika berbunyi “ This Script Contains No Errors.” berarti sudah benar.

8. Sekarang simpan dahulu projek ini dengan menekan CTRL + S. Jika sudah pilih menu Control – Test Movie (CTRL+ENTER). Di test movie ini kita akan melihat animasi tombol yang sudah kita buat, namun untuk menjalankan perintah exit harus membukanya di format .swf yang otomatis dibuat setelah melakukan test movie barusan.

9. Cari tempat dimana Sobat menyimpan projek tombol exit ini kemudian jalankan file yang berformat .swf seperti ini.


Lihat, apakah projek yang Sobat buat telah berhasil apa tidak. Jika berhasil maka setelah menekan tombol Exit jendela akan keluar. Jika tidak bisa keluar atau menghilang berarti ada langkah – langkah yang di lewati atau salah dalam penulisan Action Script nya.

Ok Demikian yang bisa Saya sampaikan, semoga tutorial perintah exit dengan tombol di macromedia flash ini dapat bermanfaat dan semoga berhasil.

2. Inkporter